Sabtu, 27 Maret 2021

Cara Menghitung Umur Dalam Kalender Hijriah

 Dari kemarin saya kepikiran bagaimana cara paling mudah untuk menghitung Umur dalam Hijriah. Ternyata ketemu juga di website datehijri.com 

Sebagai contoh Ahmad lahir tanggal 1 Januari 1990, berapa umurnya saat ini ( 27/03/2021) saat artikel ini ditulis. Nah langsung saja akses datehijri.com.


Mengapa kita perlu menghitung menggunakan calendar hijriah, karena semua Hukum Agama Islam itu menggunakan calendar Hijriah seperti Nisab Zakat, Umur 7 tahun bagi anak untuk diajari sholat, Umur Seorang dianggap Matang yaitu umur 40 Tahun  dan Rosullah meninggal ketika berumur 63 Tahun. 

Semua Perhitungan tahun di Hadist dan Sirah nabawi menggunakan referensi Hijriah. 
  1. Umur 7 Tahun Hijriah  sekitar 6 Tahun 8 Bulan Masehi 
  2. Umur  40 Tahun Hijriah  sekitar 38 Tahun 10 Bulan Masehi
  3. Umur 63 Tahun Hijriah sekitar 61 Tahun 3 Bulan 

Umur ini adalah amanah dan salah satu yang wajib dipertanggungjawabkan manusia. 

“Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya” (HR. Tirmidzi).

Semoga kita termasuk Orang orang yang beruntung dan tidak termasuk orang yang merugi seperti di dalam Surat Al Ashr 

(1) Demi masa, (2) sungguh, manusia berada dalam kerugian (3) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Semoga Allah mengelompokan kita di ayat ketiga surat Al Asr ini. Amin. Mari gunakan waktu sebaik baiknya karena hakekat umur manusia itu ibarat jam pasir, makin hari jatah umur kita makin berkurang. 

0 komentar:

Posting Komentar