Langsung ke konten utama

Larangan Kerudung Punuk Unta


Rasulullah bersabda:
Dua golongan dari ahli neraka yang belum pernah aku lihat, yaitu: “suatu kaum yang memiliki cambuk, seperti ekor sapi untuk memukul manusia, dan para wanita yang berpakaian tetapi telanjang, berlenggaklenggok (jalannya), mengajarkan wanita berlenggaklenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring, wanita seperti ini tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium wanginya, walaupun wanginya tercium selama perjalanan ini dan ini (jauhnya)” (HR. Muslim).

Banyak wanita sekarang berkerudung namun justru model kerudung ini adalah model yang dilarang. Kerudung model ini umumnya berukuran kecil dan sipemakai masing memakai pakaian ketat dan celana jeans. Model kerudung kecil dan rambut di sanggul keatas sehingga ketika dipakaikan kerudung, sanggul tampak seperti punuk unta. Dengan adanya hadist diatas, makin tampak kebenaran islam dan makin dekat pula hari kiamat. 

Jika anda wanita muslimah, pakailah jilbab yang besar minimal seperti ini



Pakaian wanita muslimah yang benar
Jangan model seperti ini
Larangan memakai model kerudung punuk unta seperti ilustrasi diatas. 
bagi anda muslimah yang memakai model seperti diatas, alahkah baiknya menggunakan jilbab yang benar, dan bagi yang ragu tentang penjelasan hadistnya silahkan baca penjelasan detail dari para ulama disini
http://www.kajianislam.net/2011/11/beginilah-gambar-perempuan-yang-kepalanya-ibarat-punuk-onta-yang-disebutkan-oleh-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-ala-alihi-wa-sallam-dalam-hadits-shahih-riwayat-imam-muslim-dan-lainnya-bahwasanya-mer/.

Semoga bermanfaat!

Komentar

  1. Benar.
    Maka tutupilah auratmu dan jilbab adalah lebih baik bagimu wahai wanita serta berhati-hatilah dari ber-tabarruj (berlebih-lebihan dalam berhias).

    BalasHapus
  2. setujuu nih ..
    biasanya sering terjadi sama ibu-ibu ..

    BalasHapus
  3. istri ustadz solmed demen tuch pake jilbab ada punuk unta nya...

    BalasHapus
  4. mm yang dimaksud punuk unta itu rambut yang sengaja disanggul tp tidak dijilbabi ataukah yg berjilbab tapi krn rambutnya panjang jadinya diikat 2 kali, sehingga ketika dipakaikan jilbab jadi tampak seperti ada tonjolan?
    mohon dijelaskan. be wise

    BalasHapus
  5. @anonymous
    "mm yang dimaksud punuk unta itu rambut yang sengaja disanggul tp tidak dijilbabi ataukah yg berjilbab tapi krn rambutnya panjang jadinya diikat 2 kali, sehingga ketika dipakaikan jilbab jadi tampak seperti ada tonjolan? "

    wallahualam, namun sebagai seorang muslim, sudah sepantasnya kita berhati hati, karena kepala seperti punuk unta itu bersifat umum, termasuk konde, model rambut atau jilbab yang seperti punuk unta.

    BalasHapus
  6. assalamualaikum wr wb sebelumnya saya mohon maaf,,, hadits itu shohih apa bukan?? terus itu sebenernya rujuk dari hadits tersebut itu kemana?? asli apa kiasan? biasanya hadits mempunyai makna kiasan, sekian dulu mohon jawabannya, wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  7. silahkan baca ini bagi yang kurang jelas... tapi intinya sebagai seorang muslimah harusnya berhati hati: http://www.kajianislam.net/2011/11/beginilah-gambar-perempuan-yang-kepalanya-ibarat-punuk-onta-yang-disebutkan-oleh-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-ala-alihi-wa-sallam-dalam-hadits-shahih-riwayat-imam-muslim-dan-lainnya-bahwasanya-mer/

    BalasHapus
  8. Kalo bisa tanpa punuk unta, kan lebih baik. Kalo rmbut panjang ya dimasukkan baju aja. Niatkan jg uutk mnghindari fitnah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf.. klo rambutnya dikucir ngga apa2?? yg pntg ngga terlalu atas

      Hapus
    2. kalau rambut panjang dan tdk dikuncir lalu langsung dimasukkan sj di dlm baju yaaaa panas donk..waduh gimana tuh..

      Hapus
  9. JILBAB PUNUK ONTA MUSTI DIBRANTAS!!!!!

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum, Alhamdulillah rekan2 muslimah yang baru berjilbab tidak usah bingung dalam berjilbab, sebab bisa juga memakai jilbab praktis.

    Jilbab Praktis Meidiani

    BalasHapus
  11. emang susah kalo banyak nanya mah ga bakal kelar ..
    ini udah diajarin yang positif...

    BalasHapus
  12. temenku nglarang juga tentang jilbab punuk unta, . Padahal ia berjilbab masih kelihatan rambutnya kemana-mana(tidak tertutup jilbab karena tidak dikuncir) sedangkan aku udah terbiasa menguncir rambut,karena rambutku panjang dan tebel, kalo tidak dikuncir pasti gerah dan terlihat rambutnya, pernah rambut ini ku potong pendek sekali seperti anak laki laki biar simple, tapi malah dimarahi ibu, gimana dong solusinya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,aku juga sama karena darurat rambut ny panjang..gimana tuh..???

      Hapus
  13. Kalau rambut panjang trs dikonde gmn hukumnya dlm berhijab?

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum wr wb..sebenarnya yg dilarang tuh berjilbab tp nampak gundukan sebesar gayung dikepala dalam jilbabnya. Jadi untuk yg rambut panjang bisa disiasati dg diikat spti biasa aja tanpa ditarik atau ditonjolkan keatas. Biasanya yg berpunuk ini malahan yg berrambut pendek krna mrka menggunakan ciput cepol yg banyak dijual dipasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  15. Assalamualaikum,gimana kalau rambut di gulung kebawah tp masih kelihatan gundukanya

    BalasHapus
  16. Bagaimana kalau rambut di gulung kebawah tp masih kelihatan gundukanya

    BalasHapus
  17. bismillaah..berhijab tuh intinya menutup aurat..kita harus tau dulu aurat wanita itu batasnya sampai mana..klu di hadapan goer mahrom.di hadapan mahrom.atau sendirian.
    maksud nya berpakaian tp tlanjang tuh berhijab tp bentuk tubuhnya kelihatan kaya ga pake baju..krn yg bju nya ketat dan celananya ketat itu biasanya kerudungnya ada kaya punuk unta gtu..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Umur Dalam Kalender Hijriah

 Dari kemarin saya kepikiran bagaimana cara paling mudah untuk menghitung Umur dalam Hijriah. Ternyata ketemu juga di website datehijri.com  Sebagai contoh Ahmad lahir tanggal 1 Januari 1990, berapa umurnya saat ini ( 27/03/2021) saat artikel ini ditulis. Nah langsung saja akses  datehijri.com . Mengapa kita perlu menghitung menggunakan calendar hijriah, karena semua Hukum Agama Islam itu menggunakan calendar Hijriah seperti Nisab Zakat, Umur 7 tahun bagi anak untuk diajari sholat, Umur Seorang dianggap Matang yaitu umur 40 Tahun  dan Rosullah meninggal ketika berumur 63 Tahun.  Semua Perhitungan tahun di Hadist dan Sirah nabawi menggunakan referensi Hijriah.  Umur 7 Tahun Hijriah  sekitar 6 Tahun 8 Bulan Masehi  Umur  40 Tahun Hijriah  sekitar 38 Tahun 10 Bulan Masehi Umur 63 Tahun Hijriah sekitar 61 Tahun 3 Bulan  Umur ini adalah amanah dan salah satu yang wajib dipertanggungjawabkan manusia.  “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (di

Kenapa Kita tidak Tergerak Sholat di Masjid?

  Keutamaan sholat Jamaah  وقال صلى الله عليه وسلم: صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاَةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ دَرَجَةً Nabi saw. bersabda, “Shalat berjamaah lebih utama dari pada shalat sendirian dua puluh tujuh derajat.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Malik, imam Ahmad, imam Al-Bukhari, imam Muslim, imam At-Tirmidzi, imam Ibnu Majah, dan imam An-Nasai dati sahabat Ibnu Umar r.a. Jika seandainya manusia di minta bekerja, dengan pekerjaan yang sama dan sama waktu pengerjaannya. yang satu di tempat A dengan gaji 1 Juta, yang satu di tempat B dengan gaji 27 juta, saya yakin 100% orang akan memilih kerja di tempat B. Namun anehnya ketika Ada kabar dari rosulullah bahwa sholat berjamaah mendapat pahala 27 kali lipat dibanding sholat sendiri, orang lebih memilih untuk sholat sendiri dirumah atau dikantornya. Bahkan yang lebih sedih lagi, kantor kantor Pemerintah, BUMN dan swasta ada masjidnya, namun para pegawai lebih memilih sholat di kantornya daripada melangkah kemasjid yang

Cara Membantu Kaum Muslimin di Palestina

  اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ ࣖ Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara , karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat. (QS Hujarat Ayat 10) مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى “Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mengasihi, mencintai, dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga dan panas (turut merasakan sakitnya).” (HR. Bukhari no. 6011 dan Muslim no. 2586) Surat Al hujarat Ayat 10 dan Hadist riwayat Bukhairi no 6011 itu sudah cukup untuk memotivasi kita dan dan menyadarkan kita agar membantu kaum muslimin di Palestina. Kita tidak boleh diam, kita harus membantu Palestina semampu kita. Be