Senin, 01 Maret 2021

Ayat dan Hadist tentang Minuman Keras / Khamr


Qs Al Baqarah :219 

"Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: "Yang lebih dari keperluan". Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir."

Qs Al Maaidah :90-91

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkurban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberun-tungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbul-kan permusuhan dan kebencian di antara kamu dengan khamr dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).” 

Minum Khamr tidak diterima sholatnya selama 40 Hari

“Khamr adalah induk dari segala kejahatan, barangsiapa meminumnya, maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari, apabila ia mati sementara ada khamr di dalam perutnya, maka ia mati sebagaimana matinya orang Jahiliyyah.”

Hadist Hasan: [Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir (no. 3344)], ath-Thabrani dalam al-Ausath (no. 3810).

Allah Melaknat semua Pihak yang berhubungan dengan Khamr. 

Ibnu ‘Umar Radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:  ‘Khamr dilaknat pada sepuluh hal; (1) pada zatnya, (2) pemerasnya, (3) orang yang memerasnya untuk diminum sendiri, (4) penjualnya, (5) pembelinya, (6) pembawanya, (7) orang yang meminta orang lain untuk membawanya, (8) orang yang memakan hasil penjualannya, (9) peminumnya, dan (10) orang yang menuangkannya.’” [6]

Referensi: https://almanhaj.or.id/1461-hadd-sakr-minuman-keras.html

Dari Banyaknya dalil (lihat referensi ) maka sudah sepantasnya kita melakukan Nahi mungkar, menolak kemungkaran baik dengan tangan , lisan dan selemah lemahnya dalam hati 

Sungguh sangat disayangkan seorang ulama yang saat ini menjadi Umara negeri ini belum ada pernyataan tegas menolak kepres ini. Bapak wakil presiden yang kami hormati . Ingatlah bahwa bapak adalah Kyai, Ulama sekaligus Umara. 

Diamnya pak kyai dan tidak adanya usaha pak kyai menolak legalisasi khamr, akan dipertanggungjawabkan sampai akhirat, pak kyai. Sebagai seorang muslim dan rakyat biasa, saya hanya bisa saling nasehat menasehati sesama muslim lewat tulisan ini, dan tugas bapak lah yang menggunakan Tangan untuk menolak legalisasi khmar di negeri ini.  Semoga Bangsa ini tidak semakin hancur karena khamr ini. 

Dan ingatlah wahai kaum muslimin dengan Adab yang tidak hanya menimpa kaum fasik karena DIAMNYA ORANG ORANG BERILMU DAN TIDAK ADANYA NAHI MUNGKAR.

Dan peliharalah dirimu dari Azab/siksaan yang tidak hanya menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksa-Nya


Update per 27/03/ 2021

per tanggal 27 Maret 2021, Investasi Khamr di cabut presiden atas masukan dari berbagai pihak, termasuk wakil persiden pak kyai Ma'ruf. Semoga Usaha beliau dibalas den dan semua kaum muslimin dibalas dengan kebaikan yang banyak,, Amiin.


Allahul musta'an

0 komentar:

Posting Komentar