Minggu, 14 Maret 2021

Kenapa Kita tidak Tergerak Sholat di Masjid?

 

Keutamaan sholat Jamaah 

وقال صلى الله عليه وسلم: صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاَةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ دَرَجَةً

Nabi saw. bersabda, “Shalat berjamaah lebih utama dari pada shalat sendirian dua puluh tujuh derajat.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Malik, imam Ahmad, imam Al-Bukhari, imam Muslim, imam At-Tirmidzi, imam Ibnu Majah, dan imam An-Nasai dati sahabat Ibnu Umar r.a.

Jika seandainya manusia di minta bekerja, dengan pekerjaan yang sama dan sama waktu pengerjaannya. yang satu di tempat A dengan gaji 1 Juta, yang satu di tempat B dengan gaji 27 juta, saya yakin 100% orang akan memilih kerja di tempat B. Namun anehnya ketika Ada kabar dari rosulullah bahwa sholat berjamaah mendapat pahala 27 kali lipat dibanding sholat sendiri, orang lebih memilih untuk sholat sendiri dirumah atau dikantornya.

Bahkan yang lebih sedih lagi, kantor kantor Pemerintah, BUMN dan swasta ada masjidnya, namun para pegawai lebih memilih sholat di kantornya daripada melangkah kemasjid yang hanya hitungan meter. Sungguh kerugian. Tentunya ini intropeksi buat kita semua bahwa ini membuktikan lemahnya Iman kita dan lemahnya semangat ibadah kita. Oleh karena itu, mari kita saling mengingatkan untuk sholat jamaah dimasjid.

Tujuan sholat jamaah dimasjid selain memakmurkan masjid juga bisa menjadi Perekat hubungan sesama muslim. Hal ini berefek secara global lemahnya kaum muslimin karena masjid sepi, apalagi sholat subuh. Seaindanya sholat berjamaah di masjid sama ramainya dengan sholat Jumat, saya yakin Orang kafir akan gementar dan takut pada kaum muslimin.

Maka di jaman fitnah sekarang ini, salah satu cara menguatkan islam adalah dengan sholat jamaah dimasjid dan menebar salam di setiap pertemuan kaum muslimin.
Do’a Agar Diteguhkan Hati dalam Ketaatan

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

“Allahumma mushorrifal quluub shorrif quluubanaa ‘ala tho’atik” 
[Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu!]

Sumber :
  1. https://bincangsyariah.com/khazanah/hadis-hadis-keutamaan-shalat-berjamaah
  2. https://rumaysho.com/984-doa-agar-diteguhkan-hati-dalam-ketaatan.html



0 komentar:

Posting Komentar