Langsung ke konten utama

Apakah wahabi sesat?


Al-Wahabiyah merupakan firqah sempalan Ibadhiyah khawarij yang timbul pada abad ke 2 (dua) Hijriyah, yaitu sebutan Wahabi nisbat kepada tokoh sentralnya Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum yang meninggal tahun 211 H (sekitar 800Masehi). Wahabi merupakan kelompok yang sangat ekstrim kepada ahli sunnah, sangat membenci syiah. Khawarij ringkasnya sama dengan kelompok teroris yang banyak beredar di berbagai negara. Termasuk kelompok pimpinan Osama bin laden. Kelompok ini ingin menegakan syariat islam namun salah jalur, bayangkan saja Khawarij (termasuk osama bin laden) menganggap bahwa suadi bukan negara islam( bahkan mereka melakukan pengeboman di riyad)  mereka memusuhi ahlusunnah, termasuk Salafi dan juga bermusuhan dengan Syiah dengan keras. Jadi mereka kwaharij adalah ekstrem kanan dan sangat ekstrim dalam agama. Salah satu keekstrimannya, mereka menganggap muslim pelaku dosa besar kekal dineraka. Nah inilah wahabi yang sesat itu. 

Sedangkan Salafi atau kelompok yang dituduh wahabi adalah mengikuti Rosulullah dan 3 generasi pertama umat islam dan para ulama. Istilah Salafi sudah ada  bahkan sebelum Muhamad bin abdulwahab(orang yang dianggap tokoh wahabi dan dinisbatkan nama wahabi kepadanya, wafat tahun 1792 Masehi). Nah orang sekarang menuduh dan salah faham bahwa Salafi adalah gerakannya abdul wahab abdurrahman bin rustum yang wahabi sesat itu. yang memang jelas jelas menyimpang dari islam.Sebagian kelompok justru mengaburkan hal ini sehingga dakwah Salafi dituduh khawarij dan suka mengkafirkan orang lain. Padahal  Inti dakwah Salafi yang adalah menyebarkan Tauhid, membrantas kesyirikan, mengamalkan sunnah rosul dan menjauhkan manusia dari bid'ah. Dua hal yang sangat berbeda. Muhammad bin Abdulwahab adalah salahsatu ulama yang menyebarkan dakwah tauhid disaat kesyirikan dan kebidhaan meraja lela ditanah arab. 

Catatan penting disini, Salafi tidak pernah menisbatkan dirinya wahabi, namun julukan itu diberikan oleh Musuh musuh Salafi atau orang yang tidak suka dengan salafy, termasuk yang paling getol adalah Syiah. mengapa syiah getol mengatakan salafy sesat, karena salafylah yang paling gencar dan paling getol dalam menjelaskan kepada umat islam bahwa Syiah itu sesat dengan kesesatan yang nyata, seperti ajaran nikah mut'ah, mengkafirkan Umar dan Abubakar, mengatakan alquran sudah tidak asli lagi, mengatakan imamnya maksum (terbebas dari dosa) dan mengetahui perkara yang gaib dan sebagainya bahkan kuburan orang munafik Abu Lulu yang membunuh khalifah Umar dijadikan monumen dan didatangi oleh peziarah Syiah dan menganggapnya pahlawan. Anehnya Orang syiah itu kalau ngomong sok "saling menghormati ddan menghargai perbedaan, ini alaah taqiyah paling nyata dari syiah". dan satu lagi. Tidak ada satu negarapun dimana syiah masuk kedalamnya pasti terjadi konflik, contoh Indonesia, Yaman, Irak dan negara lainnya. Mengapa syiah selalu bikin rusuh karena mereka punya rukun islam yang namanya "AL-WILAYAH/IMAMAH" (kekuasaan) makanya dimana mana syiah datang pasi konflik karena mereka ingin menguasai daerah /negera tersebut seperti Iraq, Yaman dan mungkin Syiria salah satunya. 

baca selengkapnya disini 

Fatwa MUI 
berbeda dengan syiah dan ahmadiyah yang jelas jelas jauh menyimpang dari islam, berikut ini adalah fatwa MUI (Linknya disini atau disini)

MEMUTUSKAN

MENETAPKAN : PANDANGAN MUI KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA TENTANG SALAFI

Pertama : Penjelasan tentang apa itu SALAF/SALAFI

1. Salaf/salafi tidak termasuk ke dalam 10 kriteria sesat yang telah ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), sehingga Salaf/salafi bukanlah merupakan sekte atau aliran sesat sebagaimana yang berkembang belakangan ini.

2. Salaf/salafi adalah nama yang diambilkan dari kata salaf yang secara bahasa berarti orang-orang terdahulu, dalam istilah adalah orang-orang terdahulu yang mendahului kaum muslimin dalam Iman, Islam dst. mereka adalah para sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka.

3. Penamaan Salafi ini bukanlah penamaan yang baru saja muncul, namun telah sejak dahulu ada.

4. Dakwah salaf adalah ajakan untuk memurnikan agama Islam dengan kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan menggunakan pemahaman para sahabat radhiyallahu ‘anhum.


Kedua : Nasehat dan Tausiyah kepada masyarakat

1. Hendaknya masyarakat tidak mudah melontarkan kata sesat kepada suatu dakwah tanpa diklarifikasi terlebih dahulu.

2. Hendaknya masyarakat tidak terprovokasi dengan pernyataan-pernyataan yang tidak bertanggung jawab.

3. Kepada para da’i, ustadz, tokoh agama serta tokoh masyarakat hendaknya dapat menenangkan serta memberikan penjelasan yang obyektif tentang masalah ini kepada masyarakat.

4. Hendaknya masyarakat tidak bertindak anarkis dan main hakim sendiri, sebagaimana terjadi di beberapa daerah di Indonesia.


Ditetapkan di : Jakarta

Pada tanggal : 12 Rabi’ul Akhir 1430 H.

08 April 2009

 Nah, dua link diatas semoga bisa memberi penjelasan lengkap kepada kita semua, jangan mudah menuduh kelompok Salafi atau kelompok lain sesat, kwaharij dan sebagainya. Sebelum anda melihat fakta faktanya. Dan jangan biasa latah hanya ngikut ucapan manusia bahwa si A sesat dan sebagainya. 

Semoga artikel ini bermanfaat ! Amin. 

Salafi benci Habib?
ini juga tuduhan keji yang disampaikan oleh orang orang  syiah, yang benci dakwah Salafi. Silahkan baca salah satu pernyataan habib di link ini dengan judul Anti Syiah dituding Wahabi, Habib Zein : Wahabi itu Ahlus Sunnah, kalau Syiah bukan. 

Catatan tentang habib: Habib adalah orang orang yang masih punya keturunan darah rosululah dari fatimah, anehnya kenapa orang syiah yang KATANYA menggembor gemborkan cinta ahlulbait juga tidak sepandangan dengan habib? , nah ketahuan bahwa Syiah memakai kedok mencintai ahlul bait padahal kenyataanya tidak sama sekali. Para habib (termasuk di indonesia) berlepas dari dari syiah, ini juga menunjukan kesesatan syiah yang lain.


Update per 7 November 2015


Setelah artikel ini dipublish, ratusan orang membaca artikel ini setiap hari, banyak yang telah tercerahkan namun ada saja yang nyinyir dan menyatakan bahwa wahabi adalah sesat, biasanya orang orang seperti ini adalah pihak yang berafiliasi dengan syiah atau Kelompok yang takut anggotanya berkurang atau berkurang pengikutnya. Saya tidak perlu menyebutkan kelompok mana. Satu hal yang pasti Salafi terus berkembang di dunia dan Dakwah tauhid semakin tersebar dikalangan manusia. Salafi atau wahabi tidak pernah mencari pengikut, membuat kartu anggota atau membuat partai atau Organisasi. Itulah perbedaan mendasar.

Pastinya anda akan bilang bahwa penulis tidak objektif, maka mari kita merujuk pada Wikipedia Indonesia yang lebih adil dalam membahas hal ini. SIlahkan baca artikelnya di https://id.wikipedia.org/wiki/Wahhabisme.

Setelah membaca artikel wikipedia tersebut silahkan cari kesalahannya dan renungi.

Sebelum saya tutup, mohon kita renungi ayat ini:

Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang Fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu“. (QS. Al Hujurat: 6). 

*fasik salah satu tandanya adalah bicara dusta dan anda tahu siapa yang menjadikan dusta sebagai bagian agamanya? Syiah. Syiah menjadikan Taqiyah sebagai bagian agamanya. Maka telitilah sebelum mengatakn sebuah kelompok sesat menyimpang dll. Teliti dari mana anda mengambil berita. Anda tidak harus percaya dengan apa yang saya tulis, namun saya tuliskan lagi inti Salafi (atau yang dilabeli oleh para pembenci tahuid dengan wahabi" yang saya kutip dari wikipedia

"Wahhabisme (Arab: وهابية, Wahhābiyah) adalah sebuah gerakan keagamaan[1] dari Islam. Gerakan ini dikembangkan oleh seorang teolog Muslim abad ke-18 yang bernamaMuhammad bin Abdul Wahhab dari NajdArab Saudi, yang bertujuan untuk membersihkan dan menyempurnakan ajaran Islam kepada ajaran yang sesungguhnya berdasarkanQur'an dan hadis dari "ketidakmurnian" seperti praktek-praktek bid'ah, syirik dan khurafat.[2]"

Silahkan anda gunakan akal yang telah Allah berikan untuk berpikir, apakah gerakan memurnikan Ajaran agama dari syrik dan bidah merupakan aliran sesat? Coba dipikir lagi!

KESIMPULAN

  1. Gerakan Wahabi yang sesat itu adalah gerakan yang didirikan oleh  Abdul Wahab Abdurahman Bin Rustum pada abad kedua Hijirah, gerakan ini merupakan gerakan Khawarij (Mengkafirkan pelaku dosa besar).
  2. Gerakan yang dipelopori oleh Muhammad bin Abdul Wahab adalah gerakan Salafy, pengikutnya disebut salafiyun, Ahlul Hadist, Muwahidun atau Ahlu sunnah (Sunni) karena inti dakwahnya memurnikan Tauhid dan menyebarkan sunnah. 
  3. Orang Liberal, Fasik, Munafiq, Syiah dan orang orang kafir tidak suka dengan gerakan salafy, maka gerakan ini di embel embeli WAHABI biar seakan akan gerakan ini adalah gerakan Khawarij yang dipelopori oleh Abdurahman bin rustum. 
  4. Gerakan salafy mendakwahkan Tauhid, menjauhi praktek Bid'ah, syirik dan Khurafat dan menjalankan sunnah sunnah rosul BERDASARKAN ALQURAN dan SUNNAH (HADIST).
  5. Arab Saudi adalah Negara Tauhid /Salafy atau sering disebut Wahabi oleh orang syiah agar kaum muslimin didunia benci dengan Negara saudi. 
  6. Bagi yang menganggap salafy atau saudi beraliran sesat, silahkan tanya keorang orang yang umrah dan Haji, TUNJUKAN BUKTI dimana kesesatannya? dimana sisi Takfirinya?
  7. Bagi kaum muslimin hendaknya bertabayun (Crosscek) ketika mendengar berita, tidak asal taqlid hanya ikut ikutan dan menyebarkan berita DUSTA!
  8. Hendaknya Kaum muslimin Ahlusunnah terutama di Indonesia bersatu dan berhati hati dengan Paham Syiah yang menyusup di komunitas kaum muslimin Indonesia. 

Komentar

  1. Terima kasih penjelasannya. Sangat membuka wawasan saya.

    BalasHapus
  2. Subhanalloh,, Alhamdulillah,,
    akhirnya saya dapat pencerahan.
    Terimakasih atas infonya.

    sya hampir sja termakan fitnahan org yg menyebutkan bhw salafi itu sesat, wahabi jahat, dll.

    sya hrus benar2 mencari info dg sebaik-baiknya.
    semoga Alloh selalu membimbing sya k jalan yg benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas sandy@ amiin..... semoga Allah membimbing anda untuk bisa istiqomah di jalan yag lurus

      Hapus
    2. Jadi intinya wahabi itu baik atau buruk pak?

      Hapus
  3. Jadi intinya wahabi itu baik atau buruk pak?

    BalasHapus
  4. sebenarnya wahabi itu tidak ada, yang ada itu salafi. Salafi itu ahlusunnah, nah orang2 yang nuduh wahabi itu biasanya syiah.

    seperti penjelasan mui, orang yang dituduh wahabi atau salafi itu tidak sesat.

    BalasHapus
  5. Mumet pak bingung ,,, wahabi n syiah intinya 2 ni buruk kah ?? Apakah saya harus mnjauhi 2 itu mohon di jwb krna saya ms bingung pak ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengenai baik atau buruk mas lihat dipenjelasannya.Klau Salafi sm dgn Wahabi yg sama mengikuti apa yg diajarkan Rosul kita Nabi Muhammad&hanya mnyembah pd Allah,berarti itu mmg bnr Islam,beda dgn Syiah itu tdk mngikuti ajaran Rosu,AlQur'an&nabi Muhammad adalah bkn acuan ajaran mereka tp Imam mereka&mereka punya kitab sendiri,bagi mereka Allah S.W.T bkn yg utama,jd jls Syiah itu bkn Islam tp mngaku2 islam,utk lebih jls tau ttg Syiah mas search di Youtube ttg apa saja kegiatan org2 Syiah ini.

      Hapus
  6. @Nieff
    syiah adalah paham berbahaya, Sesat karena mengkafirkan umar,usman dan abu bakar.
    Wahabi sebenarnya cuma julukan dari orang syiah. kelompok wahabi ini nama aslinya adalah salafi.

    salafi adalah manhaj resmi kerajaan saudi arabia, jika kita haji , umrah, mendengarkan murotal,itu semua orang2 salafi. begitu mas. intinya salafi itu ahlusunnah, sama dengan Ahlusunnah di indonesia (suni).

    BalasHapus
  7. http://muslim.or.id/manhaj/apa-itu-wahabi-1.htmlsaya rasa link dibawah ini sangat menjelaskan apa itu sebenarnya wahabi, dan berdasarkan smbernya langsung

    BalasHapus
  8. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Setelah membaca ini, begitu rindunya hati ini kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam beserta keluarga dan para Sahabat... Kajian yang sangat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk lebih banyak lagi belajar Islam. Terimakasih, hanya Allah yang dapat memberikan balasan terbaik atas pencerahan kajian ini. Aamiin..
    وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    BalasHapus
  9. Sangat membantu,terimakasih..

    BalasHapus
  10. Terimakasih, blog nya sangat bermanfaat, semoga banyak yg membaca blog ini, biar bisa membedakan ajaran yg baik dan tidak

    BalasHapus
  11. Mohon maaf hanya berusaha tabayun, menurut Anda tidak ada wahabi? Bukannya Wahabi itu tokoh penggagasnya muhammad bin abd wahhab? Mohon baca sejarah berdirinya kerajaan Arab Saudi, dimana abd wahhab dgn muhammad bin saud kerja sama untuk mendirikan kerajaan islam disaat masih ada kekhalifahan namanya kesultanan turki utsmani waktu itu, (islam tidak mengenal sistem pemerintahan kerajaan) salafi, syafii, hanafi, maliki mazhab besar ahl sunnah wal jamaah, salafi terlihat beda kok dengan wahabbi secara tauhidnya, wahabbi itu sepengamatan saya memang ada.

    BalasHapus
  12. @ HypnoSound Sejauh yang saya tau, Kesultanan Utsmani ketika itu dlm posisi lemah, sampai akhirnya di kudeta sehingga menjadi negara turki sekuler seperti sekarang ini. Saya pribadi lebih menyukai 2 kota suci Mekkah dan Madinah dikuasai oleh kerjaan yang berdasarkan syariat islam dibanding bila tetap harus tetep bergabung dengan negara sekuler turki.

    BalasHapus
  13. Terima kasih, Jelas siapa Abdullaah bin Wahab yang ingin memurnikan Islam dengan sempalan Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum yang ekstrim, namun sayang adanya Dai, Ustadz, bahkan organisasi yang katanya Islam yang menjelekkan Abdulah bin Wahab sama seperti Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum, menyamakan pengembalian Islam ke Al Quran dan hadist sebagai aliran ekstrim, teroris, malah menggandeng Syiah. sungguh mempertahankan Islam ini seperti memegang bara api

    BalasHapus
  14. Arman Berkata:
    Tulisan ini ngawur, Perhatikan pada alinea ke-2..."Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum yang meninggal tahun 211 H (sekitar 800Masehi)", dan pada alinea ke-3…” orang yang dianggap tokoh wahabi dan dinisbatkan nama wahabi kepadanya, wafat tahun 1792 Masehi)”. Mohon penjelasan.

    BalasHapus
  15. mohon baca lagi...sekali lagi mohon BACA LAGI yang telili.. yang 211 H/800M itu abdul wahab bin rustum <- INI WAHABI YANG SESAT,sedangkan Muhammad bin ʿAbd al-Wahhāb bin Sulaiman ini yang berusaha menegakan alquran dan sunah dan memerangi kesyirikan dan bidah... tidak ada yang salah.. Justru karena kebetulan sama sama ada wahabnya maka orang2 syiah dan pendukugnnya menganggap gerakan pemurnian ajaran islam oleh Muhammad bin ʿAbd al-Wahhāb bin Sulaiman (tahun 1792M) ini DI ANGGAP gerakannya abdul wahab bin rustum...
    yang teliti kalo baca dong mas

    BalasHapus
  16. Terus terang, timbul keraguan saja soalnya syiah identik dgn iran, sedangkan iran adalah musuh besar amerika n israel. Apakah bnr syiah ini sesat atau hnya fitnah AS/Israel krn bljr dr sejarah, AS dkk sudah sering membuat fitnah n rekayasa, memutar balikan fakta krn mrk memegang pers n media massa dunia. Contoh: dulu kita begitu bnci sadam hussein krn dberitakan pembunuh massal dll (sunni), setelah dipelajari, trnyta perang irak hnya mslah minyak belaka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tunjukkan kapan iran menyerang yahudi atau menolong palestina. Tunjukkan 1 bikti saja.

      Hapus
  17. Hati nurani saya kok cenderung ikut salafi...... ibadah gak banyak ribet.....

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah, sekali saya mendengar penjelasan para ulama salafy di youtube. Saya bertobat dan sekarang saya ikut terus pengajiannya. Saya menemukan kedamaian dan ke khusyukan ibadah. Justru kajian yang sering muncul di tv-tv swasta saya malah ga kena di hati.

    BalasHapus
  19. Jadi sebenarnya wahabi itu BUKAN aliran sesat? Kalo Syiah emg jelas nyata SESAAAT

    BalasHapus
  20. Apakah benar menurut salafi NU, JT itu sesat? Kalo muhamadiah LDII sesat juga ngga? Trimakasih tangapanya..

    BalasHapus
  21. Di dunia ini cm ada ahlus sunnah dan syiah jika gk ahlus sunnah mk semuanya syiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas, cuma ada islam. Golongan itu murni buatan manusia.

      Hapus
  22. Saya hanya mengenal Islam. Subjeknya adalah seorang muslim. Petunjukku yg utama adalah Al-Qur'an dan Hadits shahih. Insya Allah selalu berada dalam jalan yg benar.. Semua manusia ialah muslim apabila tidak menentang Al-Qur'an dan hadits shahih.

    BalasHapus
  23. Terimahkasih atas pencerahannya. Mulai sekarang baru saya bisa bedakan mana yang Wahabi Sesat/sempalan dan mana yg Wahabi sesuai dengan tuntunan AL-Quran dan AL-Haditsnya.

    BalasHapus
  24. Buat saudara ku admin, kenapa antum tidak angkat di media-media sosial yang kecenderungan pada saat ini sedang gencar-gencarnya kaum-kaum yg mengaku sebagai pelaku aswaja malah merendahkan yang di sebut "wahabi salafy" sejujurnya yang ana lihat di media sosial, mengapa pada saat orang-orang yg mengaku sebagai aswaja begitu bencinya kepada target yg di maksud mereka sebagai "wahabi" namun, bahkan hanya segelintir kaum salaf yang mau angkat bicara, namun mereka kalah action.....mashaa Allah, ini apa ini? Jujur ana sedih, ana melihat ketertindasan dan fitnah dimana-mana, sedangkan menurut ana yang Inshaa Allah tidak ada yg salah dari cara ibadah salafy, jujur, ibadah kaum salaf yg sering di tuding sebagai "wahabi" menurut ana ibadah yang syarat dengan islam (tidak menyulitkan&tidak bertele-tele) ana merasa sedih, sebetulnya siapakah yang selalu mempermasalahkan soal bid'ah atau tidak? Apa ini salah satu nubuwah Rasulullah S.A.W tentang fitnah akhir zaman pada saat ini?
    Sedangkan bangsa indonesia syarat dengan kaum-kaum klenik yg selalu saja menaburkan bumbu-bumbu ritual dalam ibadah.
    Semoga Allah menjaga kita dari tabir yg mendekati kesyirikan.
    Syukron, antum telah cukup menjelaskan, dan ana masih mencari beberapa refrensi lagi tentang ibadah yg sesuai dengan baginda Rasulullah...

    BalasHapus
  25. Sukron... Tulisanny buat wawasan nambah...

    BalasHapus
  26. Terimakasih atas penjelasannya, sangat bermanfaat. Semoga yang belum mengerti dan masih dalam proses hijrah bisa lebih cepat memahami mana yang benar dan mana yang menjerumuskan.

    BalasHapus
  27. Sangat sangat serunju sekali dg penjelasan Anda ya Akhi

    BalasHapus
  28. Sangat sangat setuju sekali atas penjelasan Anda saudaraku

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum.
    terima kasih atas penjabaran ilmu dan informasi yang sudah antum samapaikan semoga kedepannya makin banyak ilmu ilmu agama yang bisa antum samapaikan kepada halayak ramai dan semoga ilmu antum makin ditambah oleh allah swt
    Terima kasih...

    BalasHapus
  30. Jangan sok tahu menyimpulka hawarij sembarangan, mujahid d bilang teroris dn hawrij, sy tamya yg bukannhawarij islam manah, dn sudah bertindak apa dngn islam d dunia apakah menolong d saat syah membatai saudara kita d surya dn apakah membantu d saat palestina berperang, islam rohinia d usir dn d aniyaya pada diem semua, yg berani memerangi hanya yg d cap teroris.

    BalasHapus
  31. Apakah wahabi sesat?
    Bukan sesat, tapi cara berdakwahnya sangat keterlaluan sering menyakiti perasaan orang lain, artinya sering mengkafir kafirkan, membid'ah bid'ahkan orang lain, apakah memang seperti itu tuntunan dari Rosululloh Muhammad Saw ?

    BalasHapus
  32. Apakah wahabi sesat?
    Bukan sesat, tapi cara berdakwahnya sangat keterlaluan sering menyakiti perasaan orang lain, artinya sering mengkafir kafirkan, membid'ah bid'ahkan orang lain, apakah memang seperti itu tuntunan dari Rosululloh Muhammad Saw ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu suatu kebenaran sebaiknya diterima sekalipun menyakitkan,

      Hapus
  33. Baru baca postingan ini, nice info, aku salah satu penggemar ustadz yg di cap wahabi sama orang orang. Pdhl sebenernya klo menurutku ga ada yg salah dr isi kajiannya. Malah bagus menyadarkan kita dan menimbulkan rasa ingin berhijrah.

    BalasHapus
  34. Masalahnya ketika salafy / wahaby dakwah di tanah air ini, mereka melihat banyak amalan bid'ah yg dilakukan , tapi pelaku bidah marah marah , memfitnah katanya wahabi tukang kafir2 kan , padahal tdk mengkafirkan , hanya syiar bahwa ajaran itu tdk dicontohkan nabi , maka nya disebut bidah dan bid ah adalah ajaran sesat..

    BalasHapus
  35. Assalamu'alaikum
    Terima kasih atas penjelasannya, post nya sangat bagus dan membantu, membuat lebih paham apa itu wahabi

    BalasHapus
  36. wahabai ? biasanya terlontar dari mulut Nahdiyyin (klo di Indonesia). Sy komentar saja bbrp. seburuk buruk dan sesesat sesat Wahabi klo memang buruk n sesat!, Tuhan, Rosul, syahadat, rukun iman, rukun Isam, Al qur'an, hadits masih sama dg NU. Kecintaan kpd para sahabat yg 4, shalat, puasa, ibadah haji masih banyak kesamaan dg NU. NU hrs lebih alegi kps Syi'ah meskipun bbrp amalan NU mirip syi'ah. Wahabi dan NU masih bisa dikompromikan krn masih Ahlusunnah wal jama'ah. Jangan sampai kebencian yg dalam thd Wahabi malah NU merangkul Syi'ah. Jangan spt syi'i krn amat benci kpd Wahabi mrk selalu bergandeng tangan dg zionis (Israel n AS sekarang), dulu dg portugis.

    BalasHapus
  37. Apapun golongannya, kalau dakwahnya dan praktek amalannya sesuai dg Al Qur'an dan Al Hadist maka bisa dipastikan itu adalah golongan yg benar. Silahkan belajar agama yg benar agar bisa menyimpulkan sendiri.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Umur Dalam Kalender Hijriah

 Dari kemarin saya kepikiran bagaimana cara paling mudah untuk menghitung Umur dalam Hijriah. Ternyata ketemu juga di website datehijri.com  Sebagai contoh Ahmad lahir tanggal 1 Januari 1990, berapa umurnya saat ini ( 27/03/2021) saat artikel ini ditulis. Nah langsung saja akses  datehijri.com . Mengapa kita perlu menghitung menggunakan calendar hijriah, karena semua Hukum Agama Islam itu menggunakan calendar Hijriah seperti Nisab Zakat, Umur 7 tahun bagi anak untuk diajari sholat, Umur Seorang dianggap Matang yaitu umur 40 Tahun  dan Rosullah meninggal ketika berumur 63 Tahun.  Semua Perhitungan tahun di Hadist dan Sirah nabawi menggunakan referensi Hijriah.  Umur 7 Tahun Hijriah  sekitar 6 Tahun 8 Bulan Masehi  Umur  40 Tahun Hijriah  sekitar 38 Tahun 10 Bulan Masehi Umur 63 Tahun Hijriah sekitar 61 Tahun 3 Bulan  Umur ini adalah amanah dan salah satu yang wajib dipertanggungjawabkan manusia.  “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (di

Kenapa Kita tidak Tergerak Sholat di Masjid?

  Keutamaan sholat Jamaah  وقال صلى الله عليه وسلم: صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاَةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ دَرَجَةً Nabi saw. bersabda, “Shalat berjamaah lebih utama dari pada shalat sendirian dua puluh tujuh derajat.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Malik, imam Ahmad, imam Al-Bukhari, imam Muslim, imam At-Tirmidzi, imam Ibnu Majah, dan imam An-Nasai dati sahabat Ibnu Umar r.a. Jika seandainya manusia di minta bekerja, dengan pekerjaan yang sama dan sama waktu pengerjaannya. yang satu di tempat A dengan gaji 1 Juta, yang satu di tempat B dengan gaji 27 juta, saya yakin 100% orang akan memilih kerja di tempat B. Namun anehnya ketika Ada kabar dari rosulullah bahwa sholat berjamaah mendapat pahala 27 kali lipat dibanding sholat sendiri, orang lebih memilih untuk sholat sendiri dirumah atau dikantornya. Bahkan yang lebih sedih lagi, kantor kantor Pemerintah, BUMN dan swasta ada masjidnya, namun para pegawai lebih memilih sholat di kantornya daripada melangkah kemasjid yang

Cara Membantu Kaum Muslimin di Palestina

  اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ ࣖ Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara , karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat. (QS Hujarat Ayat 10) مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى “Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mengasihi, mencintai, dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga dan panas (turut merasakan sakitnya).” (HR. Bukhari no. 6011 dan Muslim no. 2586) Surat Al hujarat Ayat 10 dan Hadist riwayat Bukhairi no 6011 itu sudah cukup untuk memotivasi kita dan dan menyadarkan kita agar membantu kaum muslimin di Palestina. Kita tidak boleh diam, kita harus membantu Palestina semampu kita. Be