Langsung ke konten utama

Daftar Masjid Raya di Setiap Propinsi Di Indonesia

  Berikut ini adalah daftar Masjid Raya di setiap provinsi di Indonesia. Untuk melihat info lebih detail, Anda bisa mengeklik link di setiap masjid yang akan membawa kamu ke Google maps. Kalau sudah ada di Google map semua informasi sudah detail ya termasuk Lokasi di peta, Alamat lengkap serta Gambar masjidnya.  Tabel ini dikelompokkan berdasarkan Gugus pulau mulai dari Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi , Maluku dan yang paling akhir adalah Papua. Walaupun Judul artikel ini adalah masjid raya di setiap provinsi, kenyataannya belum semua provinsi mempunyai masjid Raya. Untuk Provinsi yang belum mempunyai masjid raya dicantumkan adalah masjid Agungnya yang merupakan masjid di ibukota Provinsinya. Untuk daerah pemekaran saya menuliskan masjid terbesar di ibukotanya karena status masjid Agung belum jelas, contohnya adalah masjid di Tanah Papua.  Informasi ini saya dapatkan dari berbagai sumber dan yang paling utama adalah dari Google Maps. Jika ada kesalahan, silakan beri

Cara Membantu Kaum Muslimin di Palestina

 اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ ࣖ

Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat. (QS Hujarat Ayat 10)

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى


“Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mengasihi, mencintai, dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga dan panas (turut merasakan sakitnya).” (HR. Bukhari no. 6011 dan Muslim no. 2586)


Surat Al hujarat Ayat 10 dan Hadist riwayat Bukhairi no 6011 itu sudah cukup untuk memotivasi kita dan dan menyadarkan kita agar membantu kaum muslimin di Palestina. Kita tidak boleh diam, kita harus membantu Palestina semampu kita. Berikut ini hal hal yang bisa kita lakukan untuk membantu Palestina. 
  1. Mendoakan kebaikan dan Keselamatan Rakyat Palestina 
  2. Menyebarkan Informasi yang benar tentang palestina di Sosial Media dan unfollow para tokoh yang pro Israel serta meluruskan informasi yang salah di internet. 
  3. Mengurangi Konsumsi dan Ketergantungan Pada Produk produk yang sangat jelas mendukung Israel 
  4. Melakukan Donasi untuk membantu Rakyat Palestina 
  5. Ikut serta acara Bela Palestina untuk menunjukan kepada Dunia, posisi Indonesia adalah pro Palestina 
  6. Mendorong dan menasehati Pemerintah agar Memberikan kontribusi lebih dalam membantu palestina. 

1. Mendoakan Untuk Palestina 

1. Doa untuk Palestina agar kaum muslimin disana selamat dari makar Zionis
Allahumma najji ikhwananal mu’mininal mustadhafina fi Falisthin wa fi kulli makan.

"Ya Allah, selamatkanlah saudara-saudara kami kaum mukminin yang tertindas di Palestina dan di setiap tempat"

2. Doa untuk Palestina meminta kemenangan
Allahummanshur ikhwananal mujahidina fi sabilika ala a’daihim.

"Ya Allah, menangkanlah saudara-saudara kami para mujahidin fi sabilillah atas para musuh mereka"

Selain dua doa diatas, dianjurkan kita sholat gaib untuk para mujahidin dan warga yang tewas karena perang ini 

2. Menyebarkan Informasi yang benar tentang Palestina 

Saat ini sudah mulai banyak zionis Nusantara yang sudah berani tampil di media dan sosial media, mereka sudah terang terangan, berbeda dengan era sepuluh tahun yang lalu,saat ini para pendukung zionist sudah terang terangan di media.  Kita harus melawan mereka dengan kemampuan kita tanpa harus bedebat kusir. misal jika itu Video youtube, kita bisa Mendownvote ( jempol kebawah) , jika di twitter kita juga bisa melakuakn hal yang sama. dan Jika kita menemukan berita Hoax bisa kita laporkan ke kominfo agar di takedown. cara melapor bisa di lihat  dilink berikut  Cara Lapor Hoax.

Walaupun demikian, kita tidak perlu debat kusir dimedia, cukup sampaikan kebenaran, jika memang Group atau sosial media tersebut lebih banyak yang pro isreal lebih baik kita Unsubscribe atau keluar dari Group tersebut. 

3. Mengurangi dan Berhenti  Konsumsi Produk pro Israel



Produk diatas sudah sangat jelas mendukugn Israel, sudah saatnya kita kembali ke moto pemerintah " CINTAILAH PRODUK PRODUK INDONESIA". 

4. Melakukan Donasi Untuk Palestina

Jika kita tidak bisa membantu langsung ke palestina minimal kita bisa melakukan donasi ke lembaga terpercaya. Diantaranya adalah  Instansi berikut :
  1. Baznas
  2. BSI Maslahat 
  3. Dompet Dhuafa
Dan masih banyak lembaga lain namun untuk 3 Lembaga diatas Insyaallah adalah lembaga yang terpercaya. 

5. Ikut acara Bela Palestina 

Saat ini banyak acara bela palestina yang diselengarakan oleh Ormas Islam di Indonesia. Acara bela palestina ini biasanya di isi dengan Shalat Ghaib, Doa bersama, Orasi dan penyampaian pesan oleh para tokoh Agama dan Pemerintah agar kita lebih peduli kepada palestina dengan tindakan real dan biasanya dalam acara Bela Palestina juga termasuk adanya Pengumpulan Donasi Palestina. Hal ini akan masuk kemedia dan menunjukan bahwa Kita Umat Indonesia Pro Palestina, bukan pro israel. 


6. Menasehati Pemerintah agar memberikan Dukungan Lebih kepada Palestina 

Kita bisa menyampaikan kepada pemerintah agar memberikan dukungan lebih kepalestina. pesan ini bisa kita sampaikan lewat Para Anggota Dewan, Perwakilan Pemerintah, Kementerian agama dan Presiden Jokowi, apalagi era sosmed sekarang kita bisa langsung menyampaikan langsugn ke mereka di sosial medianya. 

Sebenarnya, Pemerintah Indonesia sudah berkontribuasi cukup banyak untuk palestina, misal kita tidak menjalin hubungan Diplomasi dengan Israel, Bantuan Makanan dan Obat obatan juga sudah dikirim serta Menteri Luar negeri kita sudah menyampaikan dukungannya di PBB  serta Pendirian RS Indonesia di palestina adalah bentuk Real dalam mendukung Palestina. 

Namun, dengan kondisi saat ini, itu semua belum cukup, ada hal yang lebih penting saat ini yaitu Perlunya Pengiriman Pasukan Keamanan ke Palestina -Dengan kondisi politik dunia saat ini- Bukan untuk menyerang negara Israel, namun menjadi pasukan keamanan di Perbatasan Israel palestina ( gaza) sehingga jangan sampai Kekuasan dan tanah palestina semakin habis karena Zionisme, sudah saat nya Negara Arab dan OKI ( Organisasi Kerjasama Islam) untuk mengirimkan pasukan untuk menjaga jatuhnya korban lebih banyak. 


Kecaman dan bantuan makanan itu belum cukup, Negara Arab dan Negara islam harus bersatu mengirimkan pasukan ke palestina sehingga Tercipta Keamanan di negeri Syam tersebut. Jika hal tersebut tidak di lakukan bisa jadi Palestina tinggal nama dan seperti tampak di peta diatas , lama kelamaan tanah palestina habis rampas oleh zionis Israel. 

Yang perlu kita ingat ,sekecil apapun bantuan kita ke saudara kita di palestina, yakinlah Allah akan membalas kebaikan tersebut 

“Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya, dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya” 
(Qs. al-Zalzalah: 7-8).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Umur Dalam Kalender Hijriah

 Dari kemarin saya kepikiran bagaimana cara paling mudah untuk menghitung Umur dalam Hijriah. Ternyata ketemu juga di website datehijri.com  Sebagai contoh Ahmad lahir tanggal 1 Januari 1990, berapa umurnya saat ini ( 27/03/2021) saat artikel ini ditulis. Nah langsung saja akses  datehijri.com . Mengapa kita perlu menghitung menggunakan calendar hijriah, karena semua Hukum Agama Islam itu menggunakan calendar Hijriah seperti Nisab Zakat, Umur 7 tahun bagi anak untuk diajari sholat, Umur Seorang dianggap Matang yaitu umur 40 Tahun  dan Rosullah meninggal ketika berumur 63 Tahun.  Semua Perhitungan tahun di Hadist dan Sirah nabawi menggunakan referensi Hijriah.  Umur 7 Tahun Hijriah  sekitar 6 Tahun 8 Bulan Masehi  Umur  40 Tahun Hijriah  sekitar 38 Tahun 10 Bulan Masehi Umur 63 Tahun Hijriah sekitar 61 Tahun 3 Bulan  Umur ini adalah amanah dan salah satu yang wajib dipertanggungjawabkan manusia.  “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (di

Kenapa Kita tidak Tergerak Sholat di Masjid?

  Keutamaan sholat Jamaah  وقال صلى الله عليه وسلم: صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاَةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ دَرَجَةً Nabi saw. bersabda, “Shalat berjamaah lebih utama dari pada shalat sendirian dua puluh tujuh derajat.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Malik, imam Ahmad, imam Al-Bukhari, imam Muslim, imam At-Tirmidzi, imam Ibnu Majah, dan imam An-Nasai dati sahabat Ibnu Umar r.a. Jika seandainya manusia di minta bekerja, dengan pekerjaan yang sama dan sama waktu pengerjaannya. yang satu di tempat A dengan gaji 1 Juta, yang satu di tempat B dengan gaji 27 juta, saya yakin 100% orang akan memilih kerja di tempat B. Namun anehnya ketika Ada kabar dari rosulullah bahwa sholat berjamaah mendapat pahala 27 kali lipat dibanding sholat sendiri, orang lebih memilih untuk sholat sendiri dirumah atau dikantornya. Bahkan yang lebih sedih lagi, kantor kantor Pemerintah, BUMN dan swasta ada masjidnya, namun para pegawai lebih memilih sholat di kantornya daripada melangkah kemasjid yang