Langsung ke konten utama

Mencari Jadwal Sholat di Google



Ciri Mukmin Yang beruntung di Akhirat

Perhatikan Arti surat Al Mu'minun ayat 1-11 berikut 
  1. Sungguh beruntung orang-orang yang beriman
  2. (yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatnya,
  3. dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna,
  4. dan orang yang menunaikan zakat,
  5. dan orang yang memelihara kemaluannya,
  6. kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka tidak tercela.
  7. Tetapi barang siapa mencari di balik itu (zina, dan sebagainya), maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.
  8. Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya,
  9. serta orang yang memelihara shalatnya.
  10. Mereka itulah orang yang akan mewarisi,
  11. (yakni) yang akan mewarisi (surga) Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.


Ciri Mukmin yang Rugi Di akhirat
Lalai dalam hal ini termasuk sholat di akhir waktu atau sholat diluar waktu (misal subuh sering kesiangan)

Celakalah orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya. 
(QS. al-Ma’un: 4 -5).

Ada hal yang mengejutkan ketika saya mencari jadwal sholat di google. Alih alih menampilkan link website yang berisi jadwal sholat, Google sekarang langsung menampilkan Snippet jadwal sholat di kota kita saat ini (berdasarkan Deteksi lokasi otomatis oleh Browser).  

Yang menarik dari jadwal sholat ini juga di sertakan sumbernya. Dalam hal ini jadwal sholat yang tampil berdasarkan perhitungan Kemenag Jakarta pusat. Ada beberapa methode penetapan jadwal yang didukung Google namun bagi kita yang di Indonesia data ini sudah sangat mencukupi dan  insyaallah sudah sesuai dengan jadwal sholat yang sering ditempel di masjid masjid.

Contoh Hasil Pencarian Jadwal Sholat 

Snippet hasil pencarian jadwal sholat di Google 

Variasi kata pencarian 

Untuk melakukan pencarian jadwal sholat, gunakan variasi kata berikut :

  • jadwal sholat
  • jadwal sholat namakota   (ganti 'namakota' dengan nama kota anda)
  • prayer time 
  • islamic prayer time 
  • prayer time namakota  (ganti 'namakota' dengan nama kota anda)
Alhamdulillah akhirnya Google menambahkan fitur pencarian jadwal sholat yang sudah saya tunggu sejak lama. Menariknya jadwal sholat ini bukan cuma untuk kota kota besar di indonesia, namun sampai level kabupaten dan kecamatan

Sebagai contoh saya melakukan pencarian untuk kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Berikut ini hasilnya 

Contoh pencarian jadwal sholat dengan kata kunci  jadwal sholat  'namakecamatan'
Google bukan hanya menambahkan fitur jadwal sholat untuk kota di Indonesia, namun untuk seluruh kota didunia terutama Negara dengan mayoritas Agama islam. Anda bisa melakukan pencarian misalkan "jadwal sholat  namakotaluarnegeri. Semoga Adanya fitur ini membuat kita makin rajin sholat dan termasuk orang orang yang terjaga sholatnya dimanapun kita berada. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melihat Kalendar Hijriah di Internet

Untuk melihat kalendar hijriah di internet, silahkan buka https://datehijri.com/en/hijricalendar.html.

Di website ini terdapat beberapa layanan tentang kalendar diantaranya :

Konversi Tanggal dari Tanggal Masehi ke Hijriah Kalendar Hijriah selama 1 Tahun ( disertai Tanggal Masehi dengan huruf kecil) Kalendar Masehi 1 tahun (disertai tanggal hijriah dengan huruf kecil) Perkiraan Awal Ramadhan Sebagai tambahan, Website ini juga menampilkan Jam saat ini di kota Mekah. Website ini juga ditawarkan dalam dua bahasa, Bahasa arab atau bahasa inggris. 

Berhati hati dalam menyebar berita

Islam adalah agama yang sempurna. Semua hal di Agama yang mulia ini ada panduan dan tuntunannya. Dalam hal menyebar berita ada 3 dalil yang semoga bisa menjadi rujukan kita dalam menanggapi berita dan pertimbangan dalam membagi berita yang belum jelas kebenarannya.

Tulisan ini saya buat disaat kondisi di Tanah air penuh dengan simpang siur pemenang Pilpres 2019. Tulisan ini adalah ajakan bagi kita semua agar tidak memperkeruh suasana dan bersabar sampai keputusan akhir siapa pemenang pelpres 2019.

Tiga poin penting dalam hal berita adalah sebagai berikut :

Periksa Sumber berita / Pembawa berita Cek dan croscek validasi data dan Informasi Menahan diri untuk bereaksi seperti Like, komentar atau share sebelum pasti kebenarannya.  Periksa sumber dan Pembawa berita 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
“Wahai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa…

Chanel Ustad sunnah di Youtube

Berikut ini adalah chanel Ustad Ahlusunnah wal Jamaah yang mengikuti Salafusholeh. Semoga kajian mereka bisa memberikan tambahan ilmu, Iman dan Amal sholeh kita dan kita digolongkan oleh Allah sebagai Orang orang sholeh baik di dan Akhirat. 
Sekadar catatan, biasakan mencatat kajian, baik kajian Online ataupun Langung. Karena ilmu itu ibarat binatang buruan, Ikatlah Ilmu Dengan menulisnya. Poin Poin yang perlu dicatat Adalah Qolallah dan Qola Rosul (Ucapan Allah/ Alquran) dan Ucapan Rosul ( Hadist), termasuk Kitab referensi dan ucapan para Salafusholeh dan Pendapat Para ulama. 
Mengapa demikian? karena kita beragama berdasarkan dalil dari Alquran dan sunnah, dan bukan taqlid buta kepada Ustad. Seandainya anda ingin mendakwahkan kembali ilmu yang anda dapat, anda bukan merujuk dengan kata Ustad fulan, tapi Kata Allah dalam Alquran, Kata Rosulullah dalam Hadist, Ucapan/ Fatma ulama tentang masalah ini dan seterusnya. 
Insyaallah ilmu bisa melekat dalam hati jika kita mencatatnya. Dan i…